Tahun 2008 Serangan Virus Semakin Menggila !

Contributed by farisi andri suminar

CiscoR terbitkan laporan tahunan pertamanya tentang situasi keamanan global. Laporan ini menitikberatkan pada risiko
dan tantangan-tantangan yang semakin banyak dihadapi bisnis, organisasi, pemerintah, dan konsumen.

Laporan ini juga berisi ramalan ancaman keamanan di tahun 2008 dan rekomendasi dari praktisi-praktisi keamanan Cisco, seperti Chief Security Officer John Stewart dan Vice President of Customer Assurance and Security Programs, Dave Goddard. Temuan-temuan laporan ini memperkuat fakta bahwa ancaman dan serangan-serangan keamanan telah menjadi lebih global dan canggih. Seiring dengan peningkatan adopsi perangkat-perangkat, aplikasi-aplikasi, dan  metode-metode komunikasi yang terhubung dengan IP, peluang-peluang untuk serangan juga meningkat. Tren-tren ini membuka sebuah babak baru dalam sejarah ancaman keamanan dan metodologi keamanan.

Sementara itu, bertahun-tahun lalu, virus dan worm (Code Red, Nimda, dan lain-lain) merusak sistem-sistem komputer dan menjadi terkenal. Seiring dengan peningkatan adopsi Internet dan e-commerce, gabungan-gabungan ancaman (serangan-serangan phishing dengan spam, botnet, dll) berevolusi dengan tujuan mencuri uang dan informasi pribadi. Pendekatan “stealth-and-wealth” ini kemudian berevolusi menjadi sebuah fenomena dunia yang secara teratur berisi
lebih dari satu kategori risiko.

Stewart menyatakan, keamanan informasi sudah tidak lagi merupakan sebuah perang melawan virus atau spam. Ada banyak faktor-faktor legal, identitas, dan geopolitik. Misalnya, pencurian identitas di toko-toko terkemuka dan serangan denial-of-service baru-baru ini yang katanya dilakukan atas dasar motivasi politik oleh hacker-hacker di Russia ke tetangganya, Estonia, tahun lalu. Serangan cyber ini, disebabkan oleh kemarahan akan keputusan pemerintah Estonia
untuk memindahkan sebuah monumen perang era Soviet dari sebuah taman dengan menutup banyak situs Web pemerintah Estonia.

Serangan virus semakin menggila. Para ahli keamanan bahkan meramalkan hingga akhir tahun 2008 nanti, jumlah virus yang gentayangan akan mencapai angka satu juta.

Para pencipta malware memang seolah tak pernah kehabisan akal untuk terus berkreasi dengan virus-virus jenis baru. Paul Ducklin, kepala teknologi di perusahaan keamanan Sophos mengungkapkan ada sekitar 25 persen malware telah diciptakan dalam enam bulan terakhir.

Sementara itu, Jari Heinonen, Vice President Asia Pasific F-Secure, menyebutkan ada sekitar 25 ribu malware yang beredar setiap harinya.

Para pembuat malware terus mengirimkan serangan yang berbeda karena kalangan bisnis dan para pengguna PC (komputer) mulai rajin meng-update sistem keamanannya selama kurun waktu lima tahun terakhir ini. Jumlah attachment e-mail yang terinfeksi pun berkurang. Dulu dalam 40 e-mail ada satu email yang terinfeksi. Sekarang hanya ada satu yang terinfeksi dalam 1.000 email.

Para cracker terus berusaha menyiasati hal ini. Mereka menyusupkan virus ke dalam situs-situs dan melakukan penyamaran. Walhasil, para pengunjung tidak menyadari bahwa bahaya mengintai mereka lewat situs-situs yang mereka kunjungi, hingga akhirnya mereka pun terinfeksi virus.

http://serbadownload.web.id/

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: